Ini Lah Rahasia Suara Merdu Yura Yunita

Ini Lah Rahasia Suara Merdu Yura Yunita

ARTISFES.COM, JAKARTA – Sebagai seorang penyanyi, Yura Yunita punya cara khusus untuk menjaga kualitas vokalnya.

“Yang pasti setiap pagi aku minum air garam hangat untuk membersihkan tenggorokan. Kalau olah vokal, karena tiap hari nyanyi, otomatis seperti latihan. Kalau ada perform di panggung besar, sudah pasti ada latihan dan olah vokal,” cerita Yura.

Perempuan asal Bandung itu juga mengaku rutin mengikuti kelas olahraga yoga minimal 3 kali dalam seminggu untuk membantunya mengolah pernapasan.

Tak heran Yura kerap tampil enerjik ketika tampil di atas panggung.

“Kalau tampil, kan, paling tidak sejam durasinya, belum lagi loncat-loncat kesana-sini, belum lagi yang heboh sendiri. Jadi atur pernapasan itu penting banget. Melalui yoga juga, dilakukan olah vokal yang sangat membantu.”

Ada satu rahasia lagi yang juga diungkap Yura sebagai satu trik andalannya untuk menjaga kualitas suara.

Apakah rahasianya? Ternyata sederhana, Yura hanya mengunyah kencur.

Meski rasanya tak enak dan terasa pedas, perempuan berponi ini justru mengaku tak pernah lalai mengunyah bumbu dapur ini, terutama sebelum tampil di atas panggung.

Penjual jamu, Sri Wahyuni menunggu pembeli di Pasar Perumnas Klender, Jakarta Timur, Rabu (20/3/2013). Jamu kunyit, temulawak, kencur, dan beras kencur adalah jamu yang paling laku. Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan Pemprov DKI Jakarta akan merancang program semacam sertifikasi bagi pedagang bahan pangan dan jamu yang dijual di pasar-pasar tradisional hingga lapak kaki lima di Jakarta. KOMPAS/AGUS SUSANTO
Penjual jamu, Sri Wahyuni menunggu pembeli di Pasar Perumnas Klender, Jakarta Timur, Rabu (20/3/2013). Jamu kunyit, temulawak, kencur, dan beras kencur adalah jamu yang paling laku. Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan Pemprov DKI Jakarta akan merancang program semacam sertifikasi bagi pedagang bahan pangan dan jamu yang dijual di pasar-pasar tradisional hingga lapak kaki lima di Jakarta. KOMPAS/AGUS SUSANTO (KOMPAS/AGUS SUSANTO)

“Sudah seperti permen,” katanya.

“Aku selalu bawa kencur kemana-mana. Aku,kan, sering bolak-balik Bandung-Jakarta. Jadi aku selalu bawa koper dan itu isinya adalah kencur.” Cerita Yura sambil tertawa.

Yura tak risih meski sering ditanya orang-orang yang bingung terhadap kencur yang dibawanya.

Tapi ia tenang saja. Bahkan kini ia terkenal akibat kebiasaannya mengunyah kencur.

Akhirnya panitia acara selalu menyediakan sekotak besar kencur untuk Yura setiap kali dirinya tampil di atas panggung.

“Karena banyaknya, bisa dimakan dalam seminggu. Eh, sebulan malah kayaknya.” Tandasnya sambil tertawa lagi.

Author: artisfes
Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *